Analisis Kesesuian antara LKPD dengan Model Pembelajaran
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1043Abstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk menganalisis kesesuaian LKPD dengan model pembelajaran yang digunakan berupa model PBM atau PBL. Pada Penelitian ini pendekatan yang digunakan adalah deskritif kualitatif yang mana di dalamnya menggambarkan kesesuaian LKPD dengan model pembelajaran yang digunakan. Teknik pengambilan data pada penelitian ini adalah dengan menghimpun data-data untuk memperoleh suatu informasi dari subjek penelitian yang di dapat dari beberapa penelitian sebelumnya yakni tiga buah tesis mahasiswa program magister pendidikan matematika universitas Riau. Berdasarkan dari hasil analisis antara LKPD dengan model pembelajaran tersebut di dapat bahwa pada penelitian dengan judul Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Siswa SMA Melalui Penerapan Model Problem Based Learning memiliki kesesuaian antara LKPD dengan model yakni 100% atau telah sesuai antara LKPD dan model. Pada penelitian dengan judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika Menggunakan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Pada Materi Barisan dan Deret Kelas XI SMA memiliki kesesuaian antara LKPD dengan model yakni 60% atau belum sesuai antara LKPD dengan model. Pada penelitian dengan judul Pengembangan Perangkat Pembelajaran Matematika dengan Penerapan Pembelajaran Berbasis Masalah Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Matematis Peserta Didik Kelas XI SMA memiliki kesesuaian antara LKPD dengan model yakni 100% atau telah sesuai antara LKPD dan model.
Downloads
References
Adi W K., Imam S, dan Riyadi. “Analisis Proses Pembelajaran Matematika Berdasarkan Kurikulum 2013 pada Materi Pokok Peluang Kelas X SMA Negeri 1 Surakarta”. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika 4, no. 3 (2016): 352-365.
Dyahsih A S dan Ali M. “Keefektifan Experiential Learning Pembelajaran Matematika MTs Materi Bangun Ruang Sisi Datar”. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2, no. 2 (2015): 175-185.
Farihatun N dan Icha A R. “Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Peserta Didik pada Pembelajaran Matematika”. Range: Jurnal Pendidikan Matematika 1, no.2 (2020): 152-156.
Imran, Adnan, dan Halifah P. “Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Model Problem Based Learning (PBL) Untuk Siswa Kelas X MIPA SMA/Ma”. Prosiding Seminar Nasional Biologi dan Pembelajarannya, (2018): 275-280.
Nurul A, Puji P, dan Maslena. “Analisis Kesesuaian Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Biologi Kelas X yang Digunakan MAN Rantauprapat Kabupaten Labuhan Batu”. Jurnal Pelita Pendidikan 6, no. 2 (2017): 065-070.
Prima Y. “Analisis Kebutuhan Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Realistics Mathematics Education (RME) pada Materi FPB dan KPK untuk Siswa Kelas IV Sekolah Dasar”. MENARA Ilmu XI, no. 2 (2017): 144-149.
Putri K dan Syifa M A. “Analisis Model-Model Pembelajaran”. Jurnal Pendidikan Dasar 4 no.1 (2020): 1-27.
Rahmat H, Yenita R, dan Atma M. “Peran Penerapan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Literasi Matematis dan Kemandirian Belajar”. Juring (Journal for Research in Mathematics Learning) 1, no.3 (2018): 213-218.
Ramlawati, Siti R Y, dan Aunillah I. “Pengaruh Model PBL (Problem Based Learning) terhadap Motivasi dan Hasil Belajar IPA Peserta Didik”. Jurnal Sainsmat 4, no.1 (2017): 1-14.
Sri B, Sudarmin, dan Rodia S. “Evaluasi Implementasi Kurikulum 2013 di Sekolah Pelaksana Mandiri”. Innovative Journal of Curriculum and Educational Technology 6 no.1 (2017): 45-57.
Sufairoh. “Pendekatan Saintifik & Model Pembelajaran K-13”. Jurnal Pendidikan Profesional 5, no.3 (2016): 116-125.
Thamrin, T. “Analisis dan Manfaat Model Pembelajaran”. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam 4, no.2 (2017): 48-55.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2021 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.