ANALISIS BUKU CERITA TUNAS INTEGRITAS TERBITAN KOMISI PEMBERANTASAN KORUPSI (KPK) DALAM PENANAMAN PENDIDIKAN ANTIKORUPSI ANAK USIA DINI

Penulis

  • abdan syakura Universitas Muhammadiyah Banjarmasin

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.930

Kata Kunci:

Pembelajaran Antikorupsi, Pra Sekolah (3-6 tahun)

Abstrak

Degradasi moral yang terjadi di Indonesia mengakibatkan maraknya kasus korupsi. Salah satu bentuk pencegahan efektif diberikan kepada anak pra sekolah melalui jalur pendidikan antikorupsi dengan menanamkan nilai-nilai moral sejak awal, mengingat tumbuh kembang anak yang sangat penting untuk kehidu­pan dimasa yang akan datang. Riset ini bertujuan untuk menggambarkan penanaman nilai anti korupsi pada anak pra sekolah dengan melakukan telaah pustaka yang diambil dari beberapa sumber utama berupa buku cerita Tunas Integritas yang diterbitkan oleh Komisi Pem­be­­­­rantasan Korupsi (KPK).  Subyek penelitian berupa buku cerita Tunas Integritas terbitan KPK, penelitian ini berjenis kualitatif, pengumpulan data melalui teknik dokumentasi, dan dianalisis dengan deskriptif analisis isi buku cerita Tunas Integritas terbitan KPK. Output dari riset ini menggambarkan sembilan poin pembelajaran anti korupsi pada anak pra sekolah yaitu  a) perhatian sebanyak 18%, b) tanggung jawab 16%, c) kedisiplinan 12%, d) kesederha­naan 12%, e) kejujuran 11%, f) kemandirian 11%, g) keberanian 9%, h) keadilan 7%, i) kerja keras 4%.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-11-30