PENGGUNAAN BARANG BEKAS UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN DI PAUD: PENGALAMAN GURU
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.868Abstrak
Media pembelajaran merupakan alat yang penting untuk suksesnya pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengalaman guru PAUD dalam menggunakan barang bekas sebagai media pembelajaran dan menyelidiki metode serta strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan mix method. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan kuesioner dan data kualitatif dikumpulkan menggunakan wawancara terstruktur melalui daring. Penelitian ini melibatkan 18 guru PAUD yang diambil dengan purpossive sampling. Hasil penelitian menunjukkan beraneka ragam barang bekas dapat dijadikan media pembelajaran di PAUD. Barang bekas mempunyai banyak kelebihan untuk digunakan di kelas. Ada perencanaan pembelajaran, metode, strategi dan evaluasi khusus yang digunakan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang berbasis bahan bekas. Lebih dari itu, ada tantangan dan kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkannya.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.