PENGGUNAAN BARANG BEKAS UNTUK MEDIA PEMBELAJARAN DI PAUD: PENGALAMAN GURU

Penulis

  • Yubaedi Siron Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Ipah Khonipah Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah
  • Noer Kholifah Moti Fani Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i2.868

Abstrak

Media pembelajaran merupakan alat yang penting untuk suksesnya pembelajaran di Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Tujuan dari penelitian ini untuk mendeskripsikan pengalaman guru PAUD dalam menggunakan barang bekas sebagai media pembelajaran dan menyelidiki metode serta strategi yang digunakan guru dalam pembelajaran pada anak usia dini. Penelitian ini menggunakan mix method. Data kuantitatif dikumpulkan menggunakan kuesioner dan data kualitatif dikumpulkan menggunakan wawancara terstruktur melalui daring. Penelitian ini melibatkan 18 guru PAUD yang diambil dengan purpossive sampling. Hasil penelitian menunjukkan beraneka ragam barang bekas dapat dijadikan media pembelajaran di PAUD. Barang bekas mempunyai banyak kelebihan untuk digunakan di kelas. Ada perencanaan pembelajaran, metode, strategi dan evaluasi khusus yang digunakan guru dalam mengembangkan pembelajaran yang berbasis bahan bekas. Lebih dari itu, ada tantangan dan kendala yang dihadapi guru dalam mengembangkannya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-11-30