PERAN GURU DALAM MENGOPTIMALKAN TUGAS-TUGAS PERKEMBANGAN PADA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Aghnaita Husain IAIN Palangka Raya
  • Irmawati Irmawati
  • Maimun Paus

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.816

Kata Kunci:

Peran, Guru, Tugas Perkembangan, Anak Usia Dini

Abstrak

Penelitian ini bertolak dari konsep tentang usia kelahiran hingga memasuki pendidikan dasar sebagai masa keemasan, sekaligus masa kritis dalam tahapan kehidupan yang akan menentukan perkembangan selanjutnya. Oleh sebab itu, sangatlah penting adanya upaya untuk mengembangkan seluruh potensi anak yang harus dimulai sejak dini secara optimal. Selain itu, perkembangan anak yang akan berhadapan dengan fenomena budaya yang berbeda-beda, akan memunculkan sejumlah tugas perkembangan yang harus diselesaikan sesuai dengan periode usianya masing-masing. Sejalan dengan hal ini maka diperlukan adanya bantuan dari lingkungan sekitar, salah satunya yakni peran guru di sekolah. Metode penelitian menggunakan penelitian kepustakaan dengan mendeskripsikan tentang peran guru sebagai upaya dalam mengembangkan tugas-tugas perkembangan pada anak usia dini. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu dokumentasi dengan menggunakan analisis isi. Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat diperoleh bahwa tugas perkembangan merupakan tugas yang muncul pada periode tertentu dalam rentang kehidupan individu. Guru sebagai bagian dari sekolah yang merupakan lembaga pendidikan formal dimana secara sistematik dalam melaksanakan program, turut berperan dalam mengembangkan tugas perkembangan anak. Di antaranya melalui kelompok teman sebaya, perkembangan kemandirian pribadi, keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa, serta melaksanakan pembelajaran berbasis perkembangan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2020-05-30 — Diperbaharui pada 2020-07-14

Versi