Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2019-11-29. Baca versi terbaru.

Pengembangan Karakter Self Efficacy pada Siswa Berkebutuhan Khusus Melalui Pembelajaran Self Regulated Learning

Penulis

  • Fajar Nugraha Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Budi Hendrawan

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v3i2.664

Kata Kunci:

karakter; percaya diri, anak berkebutuhan khusus

Abstrak

Self efficacy sangat berperan dalam tumbuh kembang seseorang, terutama bagi anak berkebutuhan khusus yang berada pada sekolah inklusi. Rasa percaya diri erat kaitannya dengan pendidikan, pendidikan merupak pilar utama pembentuk karater manusia atas dasar itu maka kemampuan yang dimiliki seorang anak perlu ditingkatkan guna membentuk karakter mereka untuk bisa berbaur dengan teman lainnya. Maka dari itu peneliti ingin mengembangan karakter rasa percaya diri akan potensi yang dimiliki pada anak berkebutuhan khusus yang berada pada sekolah inklusi melalui pembelajaran self regulated learning. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa dengan diberikan pola belajar dengan memberikan motovasi-motivasi kepada peserta didik dapat meningkatkan rasa percaya diri mereka. Selain itu yang terutama mereka dapat bergaul dan tidak merasa canggung belajar bersama dengan peserta didik lainnya. Pembelajaran seperti ini perlu ditingkatkan kembali guna meningkatkan rasa percaya diri dan tentunya sebagai upaya pembentukan karakter untuk memperisapkan generasai penerus bangsa di era kemajuan teknologi saat ini. Mempersiapkan generasi muda untuk bisa bersaing perlu persiapan yang matang dan bukan proses yang instan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2019-11-29

Versi

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama