Maket Kebun Binatang Berbasis Limbah Industri Rumahan sebagai Media Pembelajaran untuk Anak Usia Dini (AUD)

Penulis

  • Ikhsan Hilmi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Marlita Nurhidayati
  • Dini Nurlatifah
  • Rian Febrian
  • Elfan Fanhas

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.62

Kata Kunci:

Maket, Limbah industri, dan media pembelajaran

Abstrak

Abstrak

Kemampuan berfikir abstrak pada Anak Usia Dini (AUD) masih terbatas, dibandingkan dengan kemampuan berfikir konkrit, sehingga kegiatan bermain sambil belajar bagi Anak Usia Dini (AUD) akan efektif apabila anak dibawa pada keadaan dan kondisi yang sebenarnya.

Mengenalkan dunia binatang (fauna) yang efektif untuk Anak Usia Dini (AUD) haruslah dibawa pada keadaan dan kondisi kebun binatang yang sebenarnya, tetapi bagi anak yang tinggal jauh dan atau di daerahnya tidak terdapat kebun binatang tentu hal ini menjadi kendala khususnya berkenaan dengan pendanaan, oleh karenanya kemampuan pendidik membuat maket sebagai media pembelajaran sangatlah penting karena hal tersebut dapat terjangkau dan dapat menggunakan bahan-bahan dari limbah industri rumahan yang ada di lingkungan sekitar.

Langkah-langkah membuat maket binatang berbasis limbah industri rumahan, adalah sebagai berikut : mengumpulkan bahan-bahan, membuat pola, membuat bentuk, merangkai, mewarnai, serta memberi aksesoris dan binatang mainan.

Maket kebun binatang yang sudah jadi dapat dijadikan media pembelajaran yang menyenangkan bagi Anak Usia Dini (AUD) untuk mengenal bentuk, warna, bilangan, sipat dan karakter, dan hal lainnya.

ABSTRACT

Abstract thinking ability in Early Childhood (AUD) is still limited than concrete thinking ability, so that learning activities for Early Childhood (AUD) will be effective if the child is brought to the real condition.

Introducing an animal life for Early Childhood (AUD) effectively is should be brought to the real condition of the zoo, but for children living far away and / or in their areas there is no zoo, this is an obstacle especially deals with funding issues. Therefore the teacher’s ability to make a mockup as a learning media is very important because it can be affordable and can use existing materials from home industry wastes in the environment.

The steps to create a zoo mockup based on home industry waste are as follows: collecting materials, making patterns, making shapes, stringing, coloring, giving accessories and animals toys. A ready zoo mockup can be used as a fun learning media for Early Childhood (AUD) to recognize shapes, colors, numbers, characters, and other things.

Keyword : Maket (Mockup), home industry waste, Learning Media

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-05-30