PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI : Literatur Review

Penulis

  • Angraeny Unedia Rachman Universitas Muhammadiyah Jember
  • Fitri Amilia Universitas Muhammadiyah Jember
  • Tri Endang Jatmikowati Universitas Muhammadiyah Jember

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5571

Kata Kunci:

Peran Guru dan Orang Tua; Perkembangan Bahasa; Anak Usia Dini

Abstrak

Perkembangan bahasa sangat penting bagi anak usia dini karena anak dapat berkomunikasi dengan baik dan menggunakan bahasa yang dimanfaatkan untuk berpikir dan belajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran guru dan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, melalui enam tahapan yaitu: 1) Menentukan topik yang dipilih; 2) Menentukan rumusan masalah; 3) Melakukan pencarian literatur;  4) Memilih artikel yang sesuai; 5) Menganalisis artikel yang terpilih; 6) Menulis dan merangkum hasil review. Hasil klasifikasi artikel diperoleh sebanyak 87 artikel dari tahun 2017 sampai tahun 2022, selanjutnya dilakukan screening dan terdapat 25 artikel yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian ini adalah peran guru dan orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak usia dini dalam membentuk dan mempersiapkan anak sebagai generasi masa depan yang berkualitas. Kemajuan digital menjadi salah satu sarana untuk dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi guru dalam merancang kegiatan bermain untuk anak yang menarik dan menyenangkan terhadap peningkatkan perkembangan bahasa anak. Orang tua juga harus lebih peduli terhadap anak dalam pengasuhan dirumah, dengan tidak membiarkan anak lebih dekat dengan gadget yang berdampak pada perkembangan bahasanya dikarenakan tidak tercipta proses komunikasi dan interaksi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-11-25

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama