PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI : Literatur Review
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5571Kata Kunci:
Peran Guru dan Orang Tua; Perkembangan Bahasa; Anak Usia DiniAbstrak
Perkembangan bahasa sangat penting bagi anak usia dini karena anak dapat berkomunikasi dengan baik dan menggunakan bahasa yang dimanfaatkan untuk berpikir dan belajar dengan baik. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran guru dan orang tua dalam perkembangan bahasa anak usia dini. Metode penelitian yang digunakan adalah literature review, melalui enam tahapan yaitu: 1) Menentukan topik yang dipilih; 2) Menentukan rumusan masalah; 3) Melakukan pencarian literatur; 4) Memilih artikel yang sesuai; 5) Menganalisis artikel yang terpilih; 6) Menulis dan merangkum hasil review. Hasil klasifikasi artikel diperoleh sebanyak 87 artikel dari tahun 2017 sampai tahun 2022, selanjutnya dilakukan screening dan terdapat 25 artikel yang sesuai dengan kriteria. Hasil penelitian ini adalah peran guru dan orang tua sangat berpengaruh terhadap perkembangan bahasa anak usia dini dalam membentuk dan mempersiapkan anak sebagai generasi masa depan yang berkualitas. Kemajuan digital menjadi salah satu sarana untuk dapat meningkatkan kreativitas dan inovasi guru dalam merancang kegiatan bermain untuk anak yang menarik dan menyenangkan terhadap peningkatkan perkembangan bahasa anak. Orang tua juga harus lebih peduli terhadap anak dalam pengasuhan dirumah, dengan tidak membiarkan anak lebih dekat dengan gadget yang berdampak pada perkembangan bahasanya dikarenakan tidak tercipta proses komunikasi dan interaksi
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.