NOTASI BERWARNA: INOVASI VISUAL DALAM STIMULASI MINAT BELAJAR MUSIK PADA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Resa Respati PGSD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya
  • Zulfa Rahmasari PG-PAUD Universitas Pendidikan Indonesia Kampus Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5508

Kata Kunci:

Notasi Berwarna, minat, pembelajaran musik

Abstrak

Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran musik harus dapat memberikan dampak yang baik terhadap berbagai aspek tumbuh kembang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan notasi berwarna dalam meningkatkan minat belajar musik pada anak usia dini. Desain penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan desain Intact-Group Comparison. Teknik sampling adalah purposive sampling sebanyak 38 siswa PAUD di Kota Tasikmalaya yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner minat belajar yang sebelumnya telah dilakuka uji validitas melalui pengujian korelasi pearson dan reliabilitasnya. Hasil uji hipotesis menggunakan independent t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Rata-rata minat belajar pada kelompok eksperimen lebih tiggi  dibandingkan dengan kelompok kontrol. Notasi berwarna memberikan dampak positif dengan memudahkan anak memahami konsep musik secara visual, serta memperkuat keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa notasi berwarna merupakan media inovatif yang mampu mendukung pembelajaran musik pada jenjang anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-11-25