OPTIMALISASI LITERASI INFORMASI GURU MELALUI SEVEN PILLAR MODEL DI TK MUSLIMAT NU 01 SUMBERSUKO
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5273Kata Kunci:
Literasi Informasi, Guru, Tujuh Langkah Model AnalisisAbstrak
Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, memerlukan literasi informasi yang baik untuk mencapai tujuan ini. Penelitian ini mengevaluasi dan mengoptimalkan literasi informasi guru di TK Muslimat NU 01 Sumbersuko, mengidentifikasi tantangan dan peluang dalam meningkatkan keterampilan tersebut. Literasi informasi diukur melalui tujuh komponen: perumusan masalah, identifikasi dan akses informasi, evaluasi informasi, penggunaan informasi, penciptaan karya, evaluasi karya, dan penarikan pelajaran. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, dengan informan dipilih menggunakan purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru telah memiliki literasi informasi yang cukup baik, terutama dalam perumusan masalah, identifikasi dan akses informasi, evaluasi informasi, penggunaan informasi, serta penarikan pelajaran. Namun, kemampuan identifikasi dan akses informasi perlu ditingkatkan seiring perkembangan teknologi informasi yang pesat. Meskipun penggunaan informasi sudah efisien, kemampuan dalam menciptakan dan mengevaluasi karya masih memerlukan pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini menyarankan peningkatan keterampilan guru dalam menelusuri informasi dan menciptakan karya sebagai upaya meningkatkan literasi informasi di lingkungan pendidikan.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.