DUAL CAREER FAMILY DALAM PENGEMBANGAN LITERASI ANAK USIA DINI

Penulis

  • Nita Anggi Purnama Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Rikha Surtika Dewi Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Nandhini Huda Anggarasari Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5050

Kata Kunci:

Kata Kunci: Keluarga, Dual Career Family, Literasi

Abstrak

Keluarga memiliki memiliki peran penting dalam menjalankan fungsinya, bukan hanya dalam hal kebutuhan hidup namun juga bertanggung jawab dalam melaksanakan Pendidikan keluarga. Salah satu Pendidikan yang dapat diberikan oleh keluarga kepada anak yaitu terkait dengan kemampuan literasi anak. Namun, peran orang tua dalam membantu anak dalam mengembangkan literasinya sering merasa terhambat dengan kedua orang tuanya yang harus bekerja. Jadi orang tua tidak bisa menemani anaknya selama 24 jam. Tujuan dari penelitian ini yaitu ingin mendeskripsikan peranan Dual Career Family dalam mengembangkan literasi anak. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif berupa studi kasus. Penelitian ini menggunakan studi kasus karena akan menjelaskan bagaimana peran dual career family dalam pengembangan literasi anak. Berdasarkan data yang sudah diperoleh, menurut pandangan responden ada beberapa hal yang mereka lakukan untuk mengembangkan literasi anak yaitu: literasi sebagai bentuk kebersamaan dan literasi sebagai bentuk kepedulian.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-11-25