EFEKTIVITAS MEDIA MAZE TERHADAP PERKEMBANGAN SOSIAL EMOSIONAL DI TK HADZIQIYYAH NALUMSARI JEPARA
Kata Kunci:
Media maze; Perkembangan Sosial Emosional; TK HadziqiyyahAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat efektivitas media maze terhadap perkembangan sosial emosional anak kelompok A pada usia 4-5 tahun di TK Hadziqiyyah Nalumsari Jepara. Metode penelitian menggunakan kuantitatif dengan desain kuasi eksperimen. Sampel pada penelitian ini adalah kelompok A1 sebagai eksperimen dan kelompok A2 sebagai kontrol. Media yang digunakan adalah media maze, cara permainan media maze ini satu media dimainkan oleh dua anak dengan memasukkan 3 kelereng kelubang dengan berlomba-lomba memasukkan dengan cepat dari teman lawannya. Perilaku yang diperoleh oleh anak dalam meningkatkan sosial emosionalnya nantinya kerjasama yang baik, komunikasi baik dengan teman satu timnya, dan bisa mengontol emosi anak untuk menyelesaikan permainan dengan baik dan terarah. Hasil yang didapatkan yaitu berdasarkan table paires samples t-test nilai signifikansi (2 tailed) 0,01 < 0,05 menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan antara variabel awal dengan variabel akhir, maka Ho di tolak dan Ha diterima. Sehingga dapat disimpulkan bahwa “Media Maze Efektif terhadap Perkembangan Sosial Emosional untuk Kelompok A usia 4-5 tahun di TK Hadziqiyyah Nalumsari Jepara”.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.