PENGARUH TEKNIK MODELLING TERHADAP KETERAMPILAN GOSOK GIGI ANAK USIA DINI DI TAMAN KANAK-KANAK
Kata Kunci:
Kata Kunci: Teknik Modelling; Keterampilan Menggosok Gigi; kesehatan anak; Sains Anak Usia DiniAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi pentingnnya pengembangan keterampilan menggosok gigi anak di Taman Kanak-kanak Nagari Koto Anau Tapan. Adapun tujuan penelitian yaitu untuk menentukan Pengaruh Teknik Modelling terhadap Keterampilan Gosok Gigi Anak di Taman Kanak-Kanak Nagari Koto Anau Tapan, Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini memakai pendekatan kuantitatif menggunakan bentuk Quasi Experimen. Populasi penelitian adalah dengan melibatkan semua anak di Taman Kanak-kanak Nagari Koto Anau Tapan, dengan 12 anak dari kelas B1 dan B2. Wawancara, observasi terstruktur, dan dokumentasi adalah metode pengumpulan data. Dan untuk analisis data, uji normalitas, homogenitas, dan hipotesis yang digunakan. Alat pengumpulan data adalah lembaran pernyataan. Selanjutnya data diolah menggunakan uji hipotesis (uji-t) memakai SPSS 19.0. Nilai sig (2-tailed) yaitu sebanyak 0,02 lebih kecil dari 0,05. Hasilnya, adanya perbedaan yang signifikan pada kelas eksperimen dengan kelas kontrol. Jadi, Ha diterima dan H0 ditolak. Oleh sebab itu, hasilnya adalah pada penggunaan teknik Modelling berdampak pada kemampuan menggosok gigi anak. Sehingga ditarik kesimpulan Ha diterima dan H0 ditolak. Jadi, penggunaan teknik modelling berpengaruh terhadap keterampilan menggosok gigi anak.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.