PENGARUH STANDAR KUALITAS TAMAN PENITIAN ANAK (TPA) TERHADAP MOTIVASI DAN KEPUASAAN ORANGTUA (PENGGUNA) UNTUK MEMILIH PELAYANAN TPA YANG TEPAT

Penulis

  • Diantifani Rizkita Prodi PAUD SPs UPI

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v1i1.46

Kata Kunci:

Taman Penitipan Anak, Manajemen Lembaga, Standar Kualitas, Pelayanan, daycare, management institution, quality standars, services

Abstrak

Abstrak

Taman penitipan anak (TPA) merupakan layanan alternatif yang dapat digunakan oleh orang tua yang bekerja sebagai lembaga yang dapat menggantikan sementara waktu selama orangtua bekerja dalam hal pengasuhan, perawatan, perlindungan dan juga pemberiaan bimbingan terhadap anak, terutama anak dengan rentang usia 0-6 tahun. Pada dasarnya, menitipkan anak di TPA akan sangat membantu, tidak hanya untuk orang tua, tetapi juga bagi anak itu sendiri. Dengan menitipkan anak di TPA, orang tua akan lebih memiliki waktu untuk melakukan kegiatan keseharian (bekerja) dengan perasaan yang aman bahwa anak tetap ada yang mengasuh, menjaga, dan merawat, dan bagi anak itu sendiri TPA dijadikan tempat untuk berinteraksi dan melatih kemandirian agar anak tidak selalu bergantung pada orangtua dalam kesehariannya. Melihat kebermanfaatan dari TPA, menjadikan TPA sebagai lembaga favorit yang diminati keberadaannya oleh orangtua yang membutuhkannya. Penelitian ini menjabarkan indikator yang akan menjadi standar kualitas yang harus dimiliki sebuah TPA agar TPA tersebut dapat dikatakan berkualitas dan dijadikan tempat favorit oleh pengguna. Hasilnya terdapat 6 indikator yang menjadi standar kualitas di sebuah TPA ini; rasio anak dan pengasuh, tenaga pengasuh, kurikulum kegiatan, lingkungan dan fasilitas, serta mitra dengan orangtua. Ke-lima indikator ini kemudian dapat dijadikan pengelola TPA sebagai landasan ketika akan mengembangkan TPA agar lembaga dapat terus maju dan berkembang. Selain itu, indikator ini juga dapat dijadikan orangtua sebagai acuan/referensi ketika mereka akan memilih TPA.

Abstract

Daycare is an alternative service that can be used by parents who work as an institution that can temporarily replace as long as parents work in the care, care, protection and also guidance of children, especially children with age range 0-6 years . Basically, entrusting a child in the daycare will be helpful, not only for the parents, but also for the child himself. By entrusting children in the landfill, parents will have more time to do daily activities (work) with a sense of security that the child is still nurturing, looking after, and caring for, and for the children themselves daycare is a place to interact and train independence for children Not always dependent on the parent in their daily life. Seeing the usefulness of the landfill, making daycare as a favorite institution of interest by parents who need it. This study describes the indicators that will become the quality standard that must be owned by a landfill so that daycare can be said to be qualified and made a favorite place by the user. The result is 6 indicators that become the quality standard in a daycare; Ratio of child and caregiver, caregiver, curriculum of activities, environment and facilities, and partners with parents. These five indicators can then be used as landfill managers as a foundation when developing a landfill so that the institution can continue to grow and develop. In addition, this indicator can also be a parent as a reference / reference when they will choose a landfill.

Keywords: daycare, management institution, quality standars, services

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-05-30