Pelaksanaan PELAKSANAAN TREATMENT PADA ANAK BERKEBUTUHAN KHUSUS : SPEECH DELAY
Perlakuan
Kata Kunci:
Keterlambatan Bicara; PerlakuanAbstrak
Fenomena maraknya anak yang berkebutuhan khusus berimbas pada banyaknya lembaga formal dan non formal membuka layanan untuk mengakomodir anak yang berkebutuhan khusus, namun tidak semua lembaga tersebut memiliki kesiapan dalam menangani anak berkebutuhan khusus. Penelitian ini akan memuat Treatment yang akan dilakukan sebagai panduan atau cara dalam bertindak seperti mencegah, mengatasi hambatan yang ada pada anak berkebutuhan khusus Speech Delay dengan membantu dalam penanganan berbicara dan komunikasi secara verbal. Metode penelitian ini dilakukan dalam pendekatan kualitafif dengan desain studi kasus. Teknik dan alat pengumpulan data melalui teknik observasi partisipatif dengan menggunakan lembar observasi, teknik wawancara mendalam dengan menggunakan pedoman wawancara dan teknik dokumentasi dengan menganalisis kegiatan program treatment pada anak speech delay. Penelitian ini akan melibatkan partisipan anak-anak berkebutuhan khusus yang mengalami speech delay, serta orang tua atau wali mereka, guru, dan terapis.Berdasarkan data yang telah didapatkan bahwa pelaksanaan treatment yang dilakukan di griya anak gang sehat dilaksanakan melalui beberapa penanganan seperti drill, phonetic placement dan AVT.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.