Aktivitas untuk Meningkatkan Kemampuan Kognitif Anak Usia Dini: Studi Literature Review
Abstrak
Penelitian ini membahas perkembangan kognitif pada anak usia dini melalui berbagai metode pembelajaran. Anak usia dini memasuki masa keemasan di mana mereka lebih mudah menerima informasi dan meniru lingkungan sekitarnya. Pendidikan anak usia dini penting untuk mempersiapkan anak dalam aspek fisik dan intelektualnya. Perkembangan kognitif anak terbagi menjadi tahap sensorimotor dan praoperasional, di mana anak belajar melalui pengalaman langsung dan mengenal simbol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas seperti menonton video kartun, memasak, bernyanyi, bermain permainan edukatif, dan kegiatan sains dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kepustakaan (literature review) dengan menganalisis sepuluh artikel terkait. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa berbagai kegiatan yang melibatkan interaksi langsung dengan materi dapat memberikan kontribusi positif dalam perkembangan kognitif anak usia dini.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.