Analisis Pengembangan Kemampuan Bahasa Ekspresif Anak Usia Dini Melalui Metode Bercerita
Kata Kunci:
metode bercerita, bahasa ekspresif, anak usia diniAbstrak
Bahasa adalah alat dan ciri khas manusia yang menjadi salah satu pencapaian intelektual yang paling menakjubkan. Perkembangan bahasa itu sendiri terbagi menjadi dua yakni kemampuan bahasa reseptif dan kemampuan bahasa ekspresif. Kemampuan bahasa ekspresif anak usia dini adalah salah satu aspek kritis yang harus dikembangkan dalam kehidupan manusia. Karena kemampuan ini mencakup kemampuan anak usia dini dalam bertanya, menjawab pertanyaan yang diberi, berkomunikasi secara lisan, serta menceritakan kembali apa yang ia ketahui, Metode bercerita menjadi salah satu metode untuk mengembangkan kemampuan bahasa ekspresif anak. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur untuk menganalisis pengaruh metode bercerita terhadap kemampuan ekspresif anak. Sumber data penelitian diperoleh dari 10 artikel ilmiah yang relevan dengan objek penelitian sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah membaca serta mengolah data dari artikel-artikel tersebut. Hasil analisis data menunjukkan bahwa metode bercerita memiliki pengaruh positif terhadap kemampuan ekspresif anak. Hal ini dibuktikan dengan meningkatnya kemampuan berkomunikasi, menyimak dan mengungkapkan perasaan anak setelah metode bercerita diterapkan dalam pembelajaran
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.