PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI

Penulis

  • laila zulfah nur laila Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Abstrak

Kurikulum merdeka memiliki konsep merdeka belajar yang didalamnya memberikan kebebasan dan keluwesan belajar
pada peserta didik. Kebebasan di dalam kegiatan kurikulum merdeka memberikan dampak positif untuk meningkatkan
kreativitas pada peserta didik. Melalui kegiatan yang dapat membuat anak untuk berpikir kritis, berinovasi, dan
menyelesaikan masalah dengan cara yang kreatif, peserta didikpun dapat mengembangkan kreativitasnya serta dapat
mengimplementasikan pengetahuannya ke dalam konteks yang nyata. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
penerapan kurikulum merdeka dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini, yaitu kreativitas yang didalamnya
memiliki segala proses yang sudah dilalui anak dalam rangka melakukan, mempelajari, dan dapat menemukan sesuatu
yang baru yang dikoridori oleh keunikan gagasan, imajinasi, serta fantasi anak. mekemampuan untuk membuat
Kreativitas Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif, yaitu menggambarkan
situasi dan data yang diperoleh melalui studi literatur dengan menggunakan berbagai jenis sumber seperti buku,
artikel ilmiah dari berbagai jurnal untuk mencari teori dan data-data yang mendukung. Penelitian ini
menjelaskan dan memberi gambaran mengenai penerapan kurikulum Merdeka dalam meningkatkan kreativitas
anak usia dini di Raudhatul Athfal Al-Izzah Kota Serang. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan
kurikulum merdeka dalam meningkatkan kreativitas anak usia dini di Raudhatul Jannah Al-Izzah telah dilaksanakan
dengan optimal dan sedang berlangsung. RA Al-Izzah juga menerapkan model pembelajaran model sentra dan BCCT
sebagai sekolah yang mempelopori penerapan kurikulum merdeka.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2024-05-31