PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM

Penulis

  • ine ariestha.dewi pgpaud
  • rismawati rismawati

Abstrak

Anak usia dini belum bisa berfikir secara abstrak. Oleh karena itu mereka memerlukan fakta dan pengalaman yang nyata dalam mempelajari sesuatu. Anak perlu banyak berhubungan dengan lingkungan dan mengeksplorasi lingkungan untuk memperoleh suatu pemahaman. Pembelajaran perlu dilakukan dengan menggunakan media yang berkaitan dengan lingkungan. Maka perlu untuk mengenalkan langsung kepada anak tentang alam dan peristiwa yang disekelilingnya. Anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, oleh karena itu guru atau orangtua perlu memfasilitasi rasa ingin tahu tersebut , anak boleh belajar apa saja termasuk mengenal huruf. Berdasarkan  observasi  yang  telah  dilakukan  penulis  ditemukan  di  lapangan ditemukan  adanya  permasalahan  dalam  kegiatan  pengembangan  di  kelas  yaitu rendahnya  kemampuan  mengenal  angka   di  TK PGRI Winaya Bhakti pada kelompok B. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, Adapun objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini yang dilaksanakan di TK PGRI Winaya Bhakti. Subjek yang akan diteliti adalah populasi pada peserta didik kelompok B1 dengan usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu, peneliti sendiri dengan instrumen observasi kepada murid dengan berpedoman pada pedoman observasi lapangan yang dibuat oleh peneliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, . Hasil dari tidakan kelas ini berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan peneliti pada siklus II.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

rismawati rismawati

Anak usia dini belum bisa berfikir secara abstrak. Oleh karena itu mereka memerlukan fakta dan pengalaman yang nyata dalam mempelajari sesuatu. Anak perlu banyak berhubungan dengan lingkungan dan mengeksplorasi lingkungan untuk memperoleh suatu pemahaman. Pembelajaran perlu dilakukan dengan menggunakan media yang berkaitan dengan lingkungan. Maka perlu untuk mengenalkan langsung kepada anak tentang alam dan peristiwa yang disekelilingnya. Anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, oleh karena itu guru atau orangtua perlu memfasilitasi rasa ingin tahu tersebut , anak boleh belajar apa saja termasuk mengenal huruf. Berdasarkan  observasi  yang  telah  dilakukan  penulis  ditemukan  di  lapangan ditemukan  adanya  permasalahan  dalam  kegiatan  pengembangan  di  kelas  yaitu rendahnya  kemampuan  mengenal  angka   di  TK PGRI Winaya Bhakti pada kelompok B. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, Adapun objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini yang dilaksanakan di TK PGRI Winaya Bhakti. Subjek yang akan diteliti adalah populasi pada peserta didik kelompok B1 dengan usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu, peneliti sendiri dengan instrumen observasi kepada murid dengan berpedoman pada pedoman observasi lapangan yang dibuat oleh peneliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, . Hasil dari tidakan kelas ini berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan peneliti pada siklus II.

Diterbitkan

2023-11-30