EFEKTIVITAS KAULINAN BARUDAK “CONGKLAK” TERHADAP KECERDASAN LOGIKA MATEMATIK ANAK USIA DINI UNTUK USIA 4-5 TAHUN
Kata Kunci:
Logika Matematika,kecerdasan,congklakAbstrak
Belajar harus menyenangkan, menarik,penuh makna dan efektif untuk mengembangkan kecerdasan logika matematik anak. Ini akan berhasil jika guru benar-benar dapat memahami bagaimana anak-anak belajar dan mengasumsikan jaringan yang mendukung secara emosional terbentuk. Konsekuensinya, guru dapat memanfaatkan berbagai kegiatan dan alat permainan edukatif untuk membantu anak dalam mengembangkan keterampilan mereka. Karena fakta bahwa permainan dirancang dengan mempertimbangkan kecerdasan, bahwa permainan membutuhkan kecerdasan, dan permainan itu dapat mengembangkan kecerdasan, penelitian tambahan telah menunjukkan bahwa ada korelasi yang signifikan antara permainan dan kecerdasan.Permainan Congklak dijadikan sebagai metode yang digunakan untuk meningkatkan kecerdasan logika matematik,sebab permainan congklak merupakan permainan yang menyenangkan dan membuat anak fokus.Melalui permainan congklak anak secara tidak langsung dilatih untuk belajar membilang tetapi sambil bermain menyenangkan.Dalam penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode eksperimen dimana teknik pretest dan juga posttest ini dilakukan sebagai bahan perbandingan dalam mendapatkan hasil untuk mengetahui pengaruh kaulinan barudak “congklak” terhadap kecerdasan logika matematik pada anak usia 4-5 tahun di PAUD Baiturahman, yang juga merupakan sampel dalam penilitian ini.Penelitian ini mendapatkan hasil bahwa dalam hipotesis terdapat perbedaan secara signifikan atau dinyatakan bermakna.
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.