PENDIDIKAN NILAI MELALUI BAHAN AJAR MUATAN LOKAL BUDAYA SASAK PADA ANAK USIA DINI DI LOMBOK

Penulis

  • Silva Ardiyanti UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta
  • Sepma Pulthinka Nur Hanip

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i2.2476

Abstrak

Pendidikan anak usia dini lebih dikenal sebagai wadah pendidikan belajar sambil bermain. Di satu sisi, pendidikan usia dini memiliki tujuan untuk memfasilitasi secara utuh aspek tumbuh kembang anak guna dapat beradaptasi dan mampu melewatkan jenjang pendidikan selanjutnya serta dapat diterima di masyarakat. Salah satu cara agar anak dapat lanjut kependidikan selanjutnya dan diterima dikehidupan masyarakat adalah dengan menanamkan nilai-nilai karakter dalam bentuk bahan ajar agama yang mampu berbaur dengan nilai-nilai kebudayan lokal. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahan ajar muatan lokal budaya Sasak yang dijadikan sumber pendidikan nilai yang terintegrasi ke dalam ajaran agama yang diterapkan oleh Pendidikan Anak Usia Dini di Lombok. Penelitian ini  merupakan penelitian field research melalui pendekatan kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pendidikan nilai yang diajarkan bahkan diperaktikkan sebagai etika sosial berupa, sikap komunikatif, harmonis, dan peduli lingkungan. Selanjutnya untuk memberikan dan mempertahankan pendidikan nilai dalam diri anak tentu  dibutuhkan prosedur dan strategi yang meliputi pengajaran, pembiasaan, dan keteladanan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-11-30

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama