IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PENDELEGASIAN BEBERAPA KEWENANGAN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI MENJADI KEWENANGAN LOKAL BERSKALA DESA

STUDI DI KABUPATEN LEBAK PROVINSI BANTEN

Penulis

  • Rusito Rusito Lembaga Kajian Strategis Otonomi Desa Pakubumi Multatuli Banten

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v2i1.231

Kata Kunci:

Evaluasi Implementasi Kebijakan, Pendelegasian dan Kewenangan

Abstrak

Kebijakan pendelegasian beberapa kewenangan PAUD menjadi kewenangan lokal berskala desa telah diimplementasikan. Namun pencapaian target Angka Partisipasi Kasar masih belum meningkat secara signifikan. Tujuan penulisan ini adalah untuk memperoleh pemahaman yang mendalam mengenai aspek-aspek yang berkaitan dengan hasil evaluasi implementasi kebijakan penyelenggaraan kewenangan lokal berskala desa bidang Pendidikan Anak Usia Dini.  Kerangka pikir yang digunakan yaitu pemikiran Edward III (1980:10). Hasil evaluasi pada implementasi kebijakan penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini pasca pendelegasikan beberapa kewenangan menjadi kewenangan lokal berskala desa sudah mulai meningkat namun masih perlu dimaksimalkan. Upaya peningkatan pendidikan Anak Usian Dini masih perlu dukungan maksimal pada aspek komunikasi yang efektif, sumberdaya yang memadai, disposisi atau atitudes dan struktur birokrasi

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-05-31