EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA POWER POINT TERHADAP KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK DI TAMAN KANAK-KANAK
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2151Kata Kunci:
Keywords: power point, children's math abilityAbstrak
ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui seberapa efektif penggunaan media power point terhadap kemampuan matematika anak di TK Aisyiyah 14 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen. Teknik penilaian adalah dengan pemberian skor terhadap pencapaian anak sesuai dengan indikator pada instrumen penelitian. Sebelum melakukan penelitian dilakukan uji validitas instrumen yaitu dengan meminta bantuan kepada dosen ahli dibidang matematika Anak Usia Dini dan pengujian instrumen penelitian agar diperoleh hasil yang valid dan instrumen dapat digunakan. Teknik analisis data menggunakan uji normalitas untuk menentukan apakah data berdistribusi normal dan uji homogenitas untuk menguji apakah data tersebut homogen. Langkah selanjutnya adalah mengukur apakah ada pengaruh signifikan penggunaan media power point terhadap kemampuan matematika anak, maka dilakukan uji hipotesis dan uji effect size. Uji hipotesis diperoleh nilai Sig sebesar 0,002 yang berarti nilai signifikan atau berpengaruh, dan uji effect size diperoleh nilai 1,27 yang berarti memiliki pengaruh yang kuat. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penggunaan media power point efektif terhadap kemampuan matematika anak.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.