ANALISIS PENGEMBANGAN BAHASA DAN KOGNITIF ANAK USIA DINI MELALUI METODE BERNYANYI
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.2128Kata Kunci:
Singing Method; Language and Cognitive; Early Childhood.Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa pengaruh dari pengembangan bahasa dan kognitif anak melalui kegiatan bernyanyi, karena berkaitan dengan asumsi bahwa pengembangan bahasa dan kognitif anak mampu berkembang dengan sendiri nya pada lingkungan bermain anak. Serta belum berkembang nya kosa kata pada anak, yang menjadikan sebagian anak belum mampu mengutarakan perasaan dan pendapat nya dalam berkomunikasi. Maka dari itu kegiatan bernyanyi dilakukan sebagai salah satu alternatif dalam pengembangan bahasa dan kognitif anak. Melalui metode penelitian studi literatur dengan pendekatan kualitatif. Sumber data yang dihasilkan dari analisis 8 artikel ilmiah yang berkaitan dengan objek penelitian, dengan teknik pengumpulan data melalui membaca, mencatat, lalu mengolah data, sehingga dihasilkan data analisis yang akurat dan relevan dengan pembahasan. Hasil penelitian menunjukkan ada nya pengaruh kegiatan bernyanyi terhadap pengembangan bahasa dan kognitif pada anak, dibuktikan kebenaran nya melalui metode ini anak mampu berfikir logis melalui lirik-lirik yang mereka hafalkan, mengingat, dan berimajinasi. Selain itu pengembangan bahasa pada anak berkembang dengan anak mampu memperluas kosa kata dalam berkomunikasi, mampu mengutarakan perasaan dan pendapat nya dengan berani dan percaya diri.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.