IMPLEMENTASI PENDIDIKAN SEKS BERBASIS KONSEP ISLAM PADA ANAK USIA DINI DI MASA NEW NORMAL
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.1792Kata Kunci:
Keywords: Seks, Konsep Islam, Anak Usia 4-6 Tahun.Abstrak
ABSTRAK
Dalam konsep Islam anak merupakan amanah yang diberikan oleh Allah bagi pasangan yang telah menikah. Pada masa usia 4-6 tahun, stimulasi yang tepat sangat penting guna untuk perkembangan selanjutnya. Namun, dalam beberapa dekade saat ini, kasus kekerasan pada anak mengalami peningkatan khususnya kekerasan seks yang biasa disebut fedofilia. Sehingga cukup menyita perhatian masyarakat, karena tindakan tersebut kebanyak dilakukan oleh orang terdekat yang berada di sekitar anak. Oleh karena itu, penelitian bertujuan untuk membantu para orang tua dan praktisi pendidikan mengenai bagaimana implementasi pendidikan seks berbasis konsep Islam pada anak usia dini di masa new normal, guna mengurangi tindakan kekerasan tersebut. Melalui metode library research (studi pustaka) dengan cara mengumpulkan bukti-bukti tertulis baik dari buku-buku, jurnal, artikel, makalah yang berkaitan dengan masalah yang dianalisis. Maka hasil penelitian ini mengungkapkan bahwasanya pendidikan seks berbasis konsep Islam pada anak usia dini pada masa new normal dapat dilakukan dengan cara: 1) menanamkan rasa malu dengan memisahkan tempat tidur pada anak, 2) menanamkan jiwa maskulinitas atau feminitas pada anak sesuai jenis kelaminnya, 3) mengenalkan mahram-nya, 4) mendidik anak agar selalu menjaga pandangan mata, 5) mendidik anak agar tidak melakukan ikhtilât maupun khalawat. Hasil penelitian ini diharapkan agar kasus kekerasan seksual tidak akan terjadi lagi, apabila di dalam peng’aplikasiannya berjalan dengan baik dan harmonis.
Keywords: Seks, Konsep Islam, Anak Usia 4-6 Tahun.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.