PENGARUH MEDIA FLASH CARD TERHADAP KEMAMPUAN PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Annis Sholikha Putri UIN Sunan Kalijaga
  • Ibrahim Ibrahim UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i1.1777

Kata Kunci:

Media flash card, perkembangan bahasa, anak usia dini

Abstrak

Minimnya media dan alat pembelajaran Media yang digunakan belum lah cukup variatif pada proses kegiatan belajar mengajarr terdapat pengggunaan majalah yang harus dikerjakan oleh anak didik dan guru menjelaskan hanyalah menggunakan papan tulis beserta sepidol. Tujuannya untuk menganalisis pengaruh penerapan media flash card terhadap perkembangan bahasa anak usia dini di PAUD Annisa. Penelitian berjenis enelitian kuantitatif model eksperimen dengan desain pretest dan posttest. Teknik pengambilan data dalam penelitian ini menggunakan observasi yakni penggunaan angket dan wawancara yang mendalam, penelitian ini menggunakan 20 responden dengan kriteria peserta didik di PAUD Annisa pada kelompok B. teknik analisis data menggunakan uji Paired sampel T test. dengan hasil penelitian nilai rata-rata sebesar 32,00 % setelah diberikan perlakuan dengan penggunaan media Flashcard maka ada perbedaan yang signifikan dan nilai pretest 23,95 % sebelum diberikan perlakuan pemberian reward. Dan Berdasarkan tabel menunjukan hasil 8.050. Berdasarkan hasil tersebut menunjukan perubahan signifikan. Angka tersebut menunjukan nilai sig (2 tailed) sebesar 0,00. Nilai sig (2-tailed) < 0,05, maka H0 ditolak dan Ha diterima, yang artinya ada perbedaan antara nilai pretest dan nilai posttest dengan artian bahwa ada pengaruh media flashcard terhadap perkembangan bahasa anak usia dini.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2022-05-31