PENGARUH POLA ASUH BERDASARKAN PEKERJAAN ORANG TUA TERHADAP KARAKTER MANDIRI ANAK
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1385Kata Kunci:
pola asuh, karakter mandiri, pekerjaan orang tua, surveyAbstrak
Perkembangannya seorang anak sangatlah dipengaruhinya oleh model atau pola asuh yang diberikannya orang tua dari anak tersebut. Pola atau model asuh ialah sebuah cara dalam mendidik seorang anak yang ialah sebuah keharusan dari tiap-tiap orang tua perihal usaha guna mewujudkan kepribadian anak yang disesuaikannya pada masyarakat umumnya. Penelitian atau riset ini memiliki tujuan guna diketahuinya apakah adanya efek ataupun pengaruh dari pola asuh orang tua yang memiliki latar belakang pekerjaan yang berbeda terhadap karakter mandiri anak yang berusia 6 sampai dengan 8 tahun. Riset ini mempergunakan metodologi penelitian survey. Subjek penelitian terdiri dari orang tua yang mempunyai anak berumur rentang 6 sampai dengan 8 tahun dengan pendidikan S1 yang bertempat di Nagari Bunga Pasang Salido Kecamatan IV Jurai Kabupaten Pesisir Selatan. Hasil dari pada riset dianalisis secara deskriptif dengan bentuk persentase. Riset ini menemukannya bahwasanya orang tua yang memiliki pekerjaan menjadi seorang PNS, petani, serta karyawan swasta rata-rata lebih menerapkannya pola asuh permisif ataupun otoriter, namun untuk karakter kemandirian anak yang terbentuk berbeda. Hal ini menunjukkan bahwa adanya pengaruh atau efek pola asuh berdasarkan pekerjaan orang tua pada karakter mandiri anak.
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Terbitan
Bagian
Lisensi
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.