MEDIA GAME EDUKASI BERUPA APLIKASI UNTUK PENGENALAN HURUF HIJAIYAH PADA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Riva Rifiyah Sayidah Universitas Muhammadiyah Sukabumi
  • Ibnu Hurri
  • Leonita Siwiyanti

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1363

Kata Kunci:

Aplikasi, Huruf Hijaiyah, Game Edukasi

Abstrak

Al-Qur’an merupakan petunjuk hidup manusia, dalam mempelajari Al-Qur’an terdapat beberapa tahapan yang perlu dilalui, tahapan pertama yakni mengenal huruf hijaiyah karena huruf hijaiyah merupakan akar pengetahuan dalam membaca dan memahami Al-Qur’an. Pengenalan huruf hijaiyah yang dikemas dalam bentuk permainan edukatif tentu memudahkan proses pembelajaran agar menarik dan menyenangkan untuk anak. Tujuan dari penelitian ini yakni menghasilkan suatu produk untuk memudahkan anak dalam mengenal huruf hijaiyah dengan bantuan teknologi berupa gadget. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan tujuan menghasilkan produk yang telah diuji kelayakannya. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa aplikasi game edukasi dengan langkah penelitian yang mengacu pada desain pengembangan model ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Hasil penelitian ini dapat diketahui bahwa pengembangan aplikasi game edukasi untuk pengenalan huruf hijaiyah pada anak TK Negeri Pembina Lembursitu Kota Sukabumi dikategorikan “Sangat Layak” dengan nilai rata-rata kelayakan sebesar 4,7 dari range 1-5 dan memberikan pengaruh terhadap pengenalan huruf hijaiyah pada anak sebesar 94,5% dihasilkan dari kuisioner yang diolah melalui SPSS 24. Jika penggunaan aplikasi game edukasi digunakan secara berkala akan memberikan kemudahan dan pengetahuan pada anak terhadap pengenalan huruf hijaiyah dengan baik dan signifikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-11-30