PENILAIAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK USIA 5-6 TAHUN DI ERA 4.0

Penulis

  • siti rohayah Universitas Negeri Padang
  • Nenny Mahyuddin Pendidikan Guru Pendidikan Anak Usia Dini, Fakultas Ilmu Pendidikan, Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1254

Abstrak

Penelitian dilakukan dengan memiliki tujuan yaitu untuk mengetahui bagaimana penilaian terhadap motorik halus anak usia 5-6 tahun, yang dilakukan di TK se-Kecamatan Torgamba. Penelitian yang dilakukan menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data menggunakan kuisioner/angket. Kuisioner  disebarkan kepada guru Se-kecamatan Torgamba yang terdiri dari 50 orang. Penelitian dilakukan dengan cara menyebarkan kuisioner/angket melalui Google Foam selanjutnya tautannya disebarkan kepada guru melalui grup WhsatsApp. Beberapa hal yang diteliti yaitu motorik halus, dimana motorik halus anak yang dilihat yaitu menggunting, menulis, mewarnai, melukis, menempel, menyusun, menarik, menempel, mengikat sepatu sendiri. Untuk mengetahui sampai mana perkembangan anak terkembangakan maka perlu dilakukan penilaian yang sesuai untuk anak. Penilaian merupakan cara yang digunakan untuk mengetahui keberhasilan dalam belajar anak didik. Bebeapa teknik penilaian yang digunakan yaitu hasil karya, catatan anekdot, portofolio, pengamatan/ observasi, penugasan, ceklis.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2021-11-30