STRATEGI GURU DALAM MENDUKUNG ANAK DENGAN KECEMASAN SOSIAL

strategi guru, kecemasan sosial, menangani anak kecemasan sosial

Authors

  • Salwa Mayyadah Universitas Islam Negri Syarif Hidayatullah Jakarta
  • Miratul Hayati Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5396

Keywords:

strategi guru, kecemasan sosial, anak usia dini

Abstract

Kecemasan sosial adalah perasaan yang mucul dalam individu yang bersifat tidak nyaman karena adanya orang lain dalam situsi tersebut, sehingga muncul perasaan malu yang ditandai dengan perilaku yang janggal atau kaku, dan adanya kecenderungan untuk menghindari interaksi sosial. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui strategi guru dalam menangani anak dengan kecemasan sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis data model Miles & Huberman yang terdiri dari 4 tahapan diantaranya pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitiannya yaitu strategi yang digunakan guru dalam menangani anak dengan kecemasan sosial di RA Nurul Iman Arhanud, ditemukan bahwa pendidik memakai beberapa strategi dalam menangani anak dengan rasa cemas yaitu, guru membuat perencanaan pembelajaran untuk anak dengan kecemasan sosial, selanjutnya guru menggunakan metode pembelajaran tertentu terhadap anak dengan kecemasan sosial, yang ketiga guru menciptakan suasana kelas yang aman dan nyaman serta membangun hubungan positif dan suportif terhadap anak dengan kecemasan sosial, yang keempat guru menggunakan media belajar yang menarik dan bervariasi terhadap anak dengan kecemasan sosial, dan yang terakhir guru membuat penilaian perkembangan untuk anak dengan kecemasn sosial.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-11-25