Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini

Authors

  • Hanifah asma fadhilah Hanifah Universitas Singaperbangsa Karwang
  • Dewi Siti Aisyah
  • Lilis Karyawati

DOI:

https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v5i2.1323

Keywords:

Pola Asuh Permisif, Perkembangan, Sosial Emosional, Anak Usia Dini, Orang Tua

Abstract

Orang tua merupakan sumber pendidikan utama serta model penting yang berperan dalam tumbuh kembang seorang anak. Terdapat beberapa aspek penting yang harus diperhatikan sebagai tujuan pencapaian perkembangan anak. Hal ini dapat tercapai apabila orang tua menerapkan pola asuh yang tepat untuk tumbuh kembang sang anak. Pola asuh dapat diartikan sebagai suatu cara penerapan dalam membimbing,mengarahkan bahkan mengatur tumbuh kembang anak. Pola asuh yang tepat dan sesuai pastinya akan menstimulasi perkembangan anak dengan baik dan optimal. Terdapat beberapa jenis pola asuh yang diterapkan oleh masing-masing orang tua terhadap anak salah satunya ialah pola asuh permisif. Dimana berdasarkan seluruh pola asuh yang diterapkan, semuanya memiliki dampak pada aspek-aspek capaian perkembangan anak salah satunya yakni perkembangan sosial-emosional. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus yang menganalisis serta menggambarkan seperti apa dampak daripada penerapan pola asuh permisif terhadap perkembangan sosial emosional anak berdasarkan peristiwa atau kasus yang di temukan. Melalui pola asuh permisif dampak yang dimunculkan bagi perkembangan sosial emosional ialah dampak negatif dimana hal tersebut dapat  membentuk perilaku anti sosial dan tidak terkendalinya emosi pada anak usia dini.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2021-11-30