NOTASI BERWARNA: INOVASI VISUAL DALAM STIMULASI MINAT BELAJAR MUSIK PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5508Keywords:
Notasi berwarna, minat, pembelajar musikAbstract
Penggunaan media pembelajaran dalam pembelajaran musik harus dapat memberikan dampak yang baik terhadap berbagai aspek tumbuh kembang siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh penerapan notasi berwarna dalam meningkatkan minat belajar musik pada anak usia dini. Desain penelitian yang digunakan metode eksperimen dengan desain Intact-Group Comparison. Teknik sampling adalah purposive sampling sebanyak 38 siswa PAUD di Kota Tasikmalaya yang dibagi ke dalam kelompok eksperimen dan kontrol. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner minat belajar yang sebelumnya telah dilakuka uji validitas melalui pengujian korelasi pearson dan reliabilitasnya. Hasil uji hipotesis menggunakan independent t-test menunjukkan nilai signifikansi 0,000, yang berarti terdapat perbedaan signifikan antara kedua kelompok. Rata-rata minat belajar pada kelompok eksperimen lebih tiggi dibandingkan dengan kelompok kontrol. Notasi berwarna memberikan dampak positif dengan memudahkan anak memahami konsep musik secara visual, serta memperkuat keterlibatan siswa dalam pembelajaran. Penelitian ini mengonfirmasi bahwa notasi berwarna merupakan media inovatif yang mampu mendukung pembelajaran musik pada jenjang anak usia dini
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.