OPTIMALISASI LITERASI INFORMASI GURU MELALUI SEVEN PILLAR MODEL
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v8i2.5273Keywords:
Literasi Informasi, Guru, Tujuh Langkah Model AnalisisAbstract
Guru memiliki peran penting dalam meningkatkan kualitas pembelajaran di sekolah, yang membutuhkan literasi informasi yang baik. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi dan mengoptimalkan literasi informasi guru melalui Seven Pillar Model. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif, yang melibatkan wawancara, observasi, dan dokumentasi sebagai teknik pengumpulan data. Subjek penelitian adalah guru PAUD yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru memiliki literasi informasi yang cukup baik dalam perumusan masalah, identifikasi dan akses informasi, evaluasi informasi, penggunaan informasi, serta penarikan pelajaran. Namun, kemampuan guru dalam mengidentifikasi dan mengakses informasi masih perlu ditingkatkan seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat. Selain itu, kemampuan dalam menciptakan dan mengevaluasi karya juga memerlukan pengembangan lebih lanjut. Penelitian ini menyarankan perlunya pelatihan untuk meningkatkan keterampilan guru dalam mencari dan memanfaatkan informasi, yang dapat berkontribusi pada peningkatan kualitas pendidikan di lingkungan sekolah.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.