PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGENAL HURUF MELALUI PENGGUNAAN MEDIA BAHAN ALAM
Abstract
Anak usia dini belum bisa berfikir secara abstrak. Oleh karena itu mereka memerlukan fakta dan pengalaman yang nyata dalam mempelajari sesuatu. Anak perlu banyak berhubungan dengan lingkungan dan mengeksplorasi lingkungan untuk memperoleh suatu pemahaman. Pembelajaran perlu dilakukan dengan menggunakan media yang berkaitan dengan lingkungan. Maka perlu untuk mengenalkan langsung kepada anak tentang alam dan peristiwa yang disekelilingnya. Anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi, oleh karena itu guru atau orangtua perlu memfasilitasi rasa ingin tahu tersebut , anak boleh belajar apa saja termasuk mengenal huruf. Berdasarkan observasi yang telah dilakukan penulis ditemukan di lapangan ditemukan adanya permasalahan dalam kegiatan pengembangan di kelas yaitu rendahnya kemampuan mengenal angka di TK PGRI Winaya Bhakti pada kelompok B. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode penelitian tindakan kelas, Adapun objek dalam penelitian ini adalah peningkatan kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini yang dilaksanakan di TK PGRI Winaya Bhakti. Subjek yang akan diteliti adalah populasi pada peserta didik kelompok B1 dengan usia 5-6 tahun sebanyak 15 anak. Instrumen yang akan digunakan dalam penelitian ini yaitu, peneliti sendiri dengan instrumen observasi kepada murid dengan berpedoman pada pedoman observasi lapangan yang dibuat oleh peneliti. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, . Hasil dari tidakan kelas ini berhasil mencapai indikator keberhasilan yang ditentukan peneliti pada siklus II.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.