PENDIDIKAN NILAI MELALUI BAHAN AJAR MUATAN LOKAL BUDAYA SASAK PADA ANAK USIA DINI DI LOMBOK
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v6i2.2476Abstract
Pendidikan anak usia dini lebih dikenal sebagai wadah pendidikan belajar sambil bermain. Di satu sisi, pendidikan usia dini memiliki tujuan untuk memfasilitasi secara utuh aspek tumbuh kembang anak guna dapat beradaptasi dan mampu melewatkan jenjang pendidikan selanjutnya serta dapat diterima di masyarakat. Salah satu cara agar anak dapat lanjut kependidikan selanjutnya dan diterima dikehidupan masyarakat adalah dengan menanamkan nilai-nilai karakter dalam bentuk bahan ajar agama yang mampu berbaur dengan nilai-nilai kebudayan lokal. penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bahan ajar muatan lokal budaya Sasak yang dijadikan sumber pendidikan nilai yang terintegrasi ke dalam ajaran agama yang diterapkan oleh Pendidikan Anak Usia Dini di Lombok. Penelitian ini merupakan penelitian field research melalui pendekatan kualitatif-deskriptif. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian, pendidikan nilai yang diajarkan bahkan diperaktikkan sebagai etika sosial berupa, sikap komunikatif, harmonis, dan peduli lingkungan. Selanjutnya untuk memberikan dan mempertahankan pendidikan nilai dalam diri anak tentu dibutuhkan prosedur dan strategi yang meliputi pengajaran, pembiasaan, dan keteladanan.
Downloads
Downloads
Published
Issue
Section
License
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.