Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros
DOI:
https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2163Keywords:
minat baca, kosakata, keterampilan membacaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan ada tidaknya pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara siswa SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros. Penelitian ini dlaksanaan di SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros menggunakan metode kuantitaif dengan desain penelitian korelasional Data dianalaisis menggunakan Uji- F dengan taraf signifikansi 95% (µ0,5) dengan bantuan aplikasi komputer. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Terdapat pengaruh signifikan antara variabel minat baca terhadap keterampilan berbicara SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besar pengarus 43,524%. (2) Terdapat pengaruh signifikan variabel penguasaan kosakat terhadap keterampilan berbicara SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besar pengaruh sekitar 43,52%. (3) Terdapat pengaruh signifikans secara bersam-sama minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besar pengaruh sekitar 47,027%. (4) Terdapat pengaruh signifikan antara variabel minat baca terhadap keterampilan menulis SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besarpengaruh sekitar 57,71%. (5) Terdapat pengaruh signifikan variabel penguasaan kosakat terhadap keterampilan menulis SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besar pengaruh sekitar 59,71%. (6) Terdapat pengaruh signifikans secara bersam-sama minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besar pengaruh sekitar 57,027%.
Downloads
References
Alwasilah. 2013. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Pres Media
Aguswuryanto. 2011. Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa. dalam aguswuryanto.wordpress.com. Diakses tanggal 01 Desember 2021
Akhadiah, Sabarti. dkk. 2015. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.
Alwi, Hasan, dkk. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai. Pustaka.
C.1.1 Azmy, winda. 2019. Pengaruh Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang. Tranformatika.Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol 3 Nomor 2, tahun 2019
Darmadi, Kaswan. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.
Deprtemen Agama RI. 2015. Alquran dan terjehamannya.
Djali. 2018. Mengembangkan Motivasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta
Ginting, Vera. 2015. Penguatan Membaca. Jakarta: Gema Agung
Hestiyana. 2019. Penguasaan Kosakata dan korelasinya terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Hidayatullah. Totobuang.Kebahasan dan Kesastraan. Vol.7 nomor 1 tahun 2019.
KBBI Daring. 2021. https://kbbi.kemdikbud.go.id Diakses 01 Desember 2021
Kisyani, Ahmad. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Gema Media
Kisyani, Nina. 2013 Membina keterampilan Bebahasa Siswa. Jogjakarta: Analisa
Marin , Van Houven.2013. Berbicara dengan efektif. Jakarta: Prima Media
Mulyati,Yeti. 2012 Keterampilan Menulis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Mulyati,Yeti. 2017, Keterampilan Berbahasa Indonesia SD Modul, Jakarta: Universitas Terbuka
Nurgiantoro, Burhan, 2011, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra edisiIII, Yogyakarta: BPFE
Nursito. 2010. Penuntun Mengarang. Yokyakarta : Adicita Karya Nusa.
Rahman, Abd. 2015. Minat Baca SMP di Jawa Timur. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta: Depdikbud.
Rasyid, Richa Yunita, Erwin Akib dan Sitti Aida Azis. 2020. Pengaruh Minat Membaca Terhadap Keterampilan Berbicara Sekolah Dasar Kelas V Se- Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Indonesia e-ISSN: 2548-1398. Vol. 5, No. 6, Juni 2020.
Sareb, R. Masri. 2018. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Jakarta: Gema Media
Sudaryanto. 2016. Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pengembangan Minat dan Kegemaran Membaca Murid. Makalah. Disajikan pada Lokakarya Pengembangan Minat Baca dan Kegemaran Membaca Murid. Jakarta:Kemdikbud
Sugiarto, 2011. Keterampilan Membaca. Jakarta; Gema Media
Sukardi, Dewa Ketut. 2018. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Bina Aksara.
Slameto. 2015. Bimbinmgan Konseling. Jakarta: Gema Media
Supriyadi, Dedi. 2015. Keterampilan Berbicara Bandung : Angakasa
Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan.Jogjakarta:UGM
Suryanto, Edi. 2017. Keterampilan Berbicara: Dasar-Dasar dan Teknik. Jakarta: Pustaka Utama
Tampubolon. D.P. 2009. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa
Tarigan, Henry Guntur. 2010. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Jago, dkk. 2011. Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Walad, Aulia Akhadiatil. 2011. Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VI SD Negeri Baleromo 01 Kecamatan Dempet Kabupaten. Tesis. Semarang: PPs.IKIP Semarang
Widiyarto. 2017. Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi. Jurnal Pesona, Vol 1 nomor 3 tahun 2017.
Wiryodijoyo, Hadi. 2011. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Gema Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Copyright of Journal Naturalistic : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran (e-ISSN:2548-8589, p-ISSN:2528-2921).
Open Access Policy
This journal provides immediate open access to its content on the principle that making research freely available to the public supports a greater global exchange of knowledge.
This journal is open access journal which means that all content is freely available without charge to users or / institution. Users are allowed to read, download, copy, distribute, print, search, or link to full text articles in this journal without asking prior permission from the publisher or author. This is in accordance with Budapest Open Access Initiative.