Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros

Authors

  • Nur Aini Arif Universitas Muhammadiyah Makassar
  • Rahman Rahim Universitas Muhammadiyah Makassar, Jln. Sultan Alauddin No. 259 Makassar
  • H. Andi Syukri Samsuri Universitas Muhammadiyah Makassar, Jln. Sultan Alauddin No. 259 Makassar

DOI:

https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2163

Keywords:

minat baca, kosakata, keterampilan membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan  ada tidaknya pengaruh minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara  siswa SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten  Maros. Penelitian ini dlaksanaan di  SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros menggunakan metode kuantitaif dengan desain penelitian korelasional Data dianalaisis menggunakan Uji- F dengan taraf  signifikansi 95% (µ0,5) dengan bantuan aplikasi komputer. Hasil  penelitian menunjukkan bahwa (1)  Terdapat pengaruh signifikan  antara variabel   minat baca  terhadap keterampilan berbicara  SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan  besar pengarus 43,524%.  (2) Terdapat pengaruh signifikan variabel penguasaan kosakat terhadap keterampilan berbicara  SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan  besar pengaruh sekitar  43,52%. (3) Terdapat pengaruh signifikans  secara bersam-sama  minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan berbicara  SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besar pengaruh sekitar 47,027%. (4) Terdapat pengaruh signifikan  antara variabel   minat baca  terhadap keterampilan menulis  SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besarpengaruh  sekitar 57,71%.  (5) Terdapat pengaruh signifikan variabel penguasaan kosakat terhadap keterampilan menulis  SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besar pengaruh sekitar   59,71%. (6) Terdapat pengaruh signifikans  secara bersam-sama  minat baca dan penguasaan kosakata terhadap keterampilan menulis  SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros dengan besar pengaruh sekitar 57,027%.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Alwasilah. 2013. Tata Bahasa Indonesia. Jakarta: Pres Media

Aguswuryanto. 2011. Pendekatan Komunikatif dalam Pengajaran Bahasa. dalam aguswuryanto.wordpress.com. Diakses tanggal 01 Desember 2021

Akhadiah, Sabarti. dkk. 2015. Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta: Erlangga.

Alwi, Hasan, dkk. 2001. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai. Pustaka.

C.1.1 Azmy, winda. 2019. Pengaruh Minat Baca terhadap Keterampilan Menulis Teks Eksplanasi Siswa SMA Negeri 1 Lembah Melintang. Tranformatika.Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya. Vol 3 Nomor 2, tahun 2019

Darmadi, Kaswan. 2018. Meningkatkan Kemampuan Menulis. Yogyakarta: Andi Yogyakarta.

Deprtemen Agama RI. 2015. Alquran dan terjehamannya.

Djali. 2018. Mengembangkan Motivasi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta

Ginting, Vera. 2015. Penguatan Membaca. Jakarta: Gema Agung

Hestiyana. 2019. Penguasaan Kosakata dan korelasinya terhadap Kemampuan Berbicara Bahasa Indonesia Siswa Kelas VI Sekolah Madrasah Ibtidaiyah Pangeran Hidayatullah. Totobuang.Kebahasan dan Kesastraan. Vol.7 nomor 1 tahun 2019.

KBBI Daring. 2021. https://kbbi.kemdikbud.go.id Diakses 01 Desember 2021

Kisyani, Ahmad. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berbicara. Jakarta: Gema Media

Kisyani, Nina. 2013 Membina keterampilan Bebahasa Siswa. Jogjakarta: Analisa

Marin , Van Houven.2013. Berbicara dengan efektif. Jakarta: Prima Media

Mulyati,Yeti. 2012 Keterampilan Menulis. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Mulyati,Yeti. 2017, Keterampilan Berbahasa Indonesia SD Modul, Jakarta: Universitas Terbuka

Nurgiantoro, Burhan, 2011, Penilaian dalam Pengajaran Bahasa dan Sastra edisiIII, Yogyakarta: BPFE

Nursito. 2010. Penuntun Mengarang. Yokyakarta : Adicita Karya Nusa.

Rahman, Abd. 2015. Minat Baca SMP di Jawa Timur. Jakarta: Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. Jakarta: Depdikbud.

Rasyid, Richa Yunita, Erwin Akib dan Sitti Aida Azis. 2020. Pengaruh Minat Membaca Terhadap Keterampilan Berbicara Sekolah Dasar Kelas V Se- Kota Makassar. Jurnal Ilmiah Indonesia e-ISSN: 2548-1398. Vol. 5, No. 6, Juni 2020.

Sareb, R. Masri. 2018. Menumbuhkan Minat Baca Sejak Dini Jakarta: Gema Media

Sudaryanto. 2016. Perpustakaan Sekolah sebagai Sarana Pengembangan Minat dan Kegemaran Membaca Murid. Makalah. Disajikan pada Lokakarya Pengembangan Minat Baca dan Kegemaran Membaca Murid. Jakarta:Kemdikbud

Sugiarto, 2011. Keterampilan Membaca. Jakarta; Gema Media

Sukardi, Dewa Ketut. 2018. Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Bina Aksara.

Slameto. 2015. Bimbinmgan Konseling. Jakarta: Gema Media

Supriyadi, Dedi. 2015. Keterampilan Berbicara Bandung : Angakasa

Suryabrata, Sumadi. 2013. Psikologi Pendidikan.Jogjakarta:UGM

Suryanto, Edi. 2017. Keterampilan Berbicara: Dasar-Dasar dan Teknik. Jakarta: Pustaka Utama

Tampubolon. D.P. 2009. Kemampuan Membaca: Teknik Membaca Efektif dan Efisien. Bandung: Angkasa

Tarigan, Henry Guntur. 2010. Keterampilan Menulis. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Jago, dkk. 2011. Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Tarigan, Henry Guntur. 2015. Membaca Sebagai suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.

Walad, Aulia Akhadiatil. 2011. Pengaruh Penguasaan Kosakata terhadap Kemampuan Berbicara pada Siswa Kelas VI SD Negeri Baleromo 01 Kecamatan Dempet Kabupaten. Tesis. Semarang: PPs.IKIP Semarang

Widiyarto. 2017. Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Menulis Eksposisi. Jurnal Pesona, Vol 1 nomor 3 tahun 2017.

Wiryodijoyo, Hadi. 2011. Keterampilan Berbahasa. Jakarta: Gema Media

Downloads

Published

2022-10-31

How to Cite

Aini Arif, N., Rahim, R., & Samsuri, H. A. S. (2022). Pengaruh Minat Baca dan Penguasaan Kosakata Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa SD Negeri 63 Sambueja Kabupaten Maros. Naturalistic: Jurnal Kajian Dan Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 7(1), 1362–1369. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v7i1.2163