Transformasi Kolotik Dari Seni Kriya Menjadi Alat Musik Kreasi Baru Di Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis

Authors

  • vidia fauziah universitas muhammadiyah Tasikmalaya

Keywords:

kolotik, trasformasikolotik, alat musik tradisional

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan data yang jelas, akurat dan faktual mengenai latar belakang keberadaan alat musik Kolotik di Kecamatan Cimaragas Kabupaten Ciamis. Penelitian ini juga bertujuan untuk mendeskripsikan mengenai fungsi Kolotik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada mulanya alat musik Kolotik merupakan hasil inovasi atau pembaharuan dari Kolotok yaitu benda yang dikalungkan pada leher sapi atau kerbau sebagai ciri atau penanda keberadaan sapi atau kerbau saat di gembala.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif analitik yakni mendeskripsikan apa yang peneliti peroleh di lapangan ke dalam tulisan dengan analisis dan kajian dengan bidang ilmu lainnya. Objek penelitian ini adalah alat musik Kolotik yang meliputi latar belakang keberadaan Kolotik dan transformasi perubahan Kolotik. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu melalui observasi, wawancara dan dokumentasi.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi perubahan Fungsi awal Kolotik sebagai souvenir atau kerajinan khas Cimaragas menjadi salah satu alat yang memiliki peran penting sebagai alat musik pengiring kesenian Bangbaraan bunyi ritmis, sehingga menjadi musik pengiring lagu dengan tangga nada diatonis ataupun pentatonis.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-09-14