PEMBUATAN MEDIA PEMBELAJARAN VIDEO INTERAKTIF MENGGUNAKAN ADOBE FLASH UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BELAJAR IPA SISWA SD TUNARUNGU SLB

Authors

  • Vita Krisnita universitas muhammadiyah tasikmalaya
  • Muhammad Taufiq Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Alfadl Habibie Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/produktif.v4i2.946

Abstract

ABSTRAK

Kemajuan yang paling menonjol dalam perkembangan TIK dan akan memasuki era penting dalam kehidupan sehari-hari adalah di bidang multimedia dengan upaya mengkonvergensikan audio dan video menjadi satu kesatuan yang tidak terpisahkan. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan desain Research and Development menggunakan metode Waterfall dengan populasi peserta didik kelas IV B Tunarungu dan sample terdiri dari 10 peserta didik kelas IV B tunarungu. Manfaat adanya media ini dapat membantu meningkatkan kemampuan belajar peserta dengan hasil pembelajaran nilai rata rata peserta didik yang awalnya hanya 70, 52 mengalami peningkatan yang baik menjadi 87, 89 Secara keseluruhan menurut para ahli media menunjukkan bahwa media ini masuk dalam kategori sangat baik dengan rata-rata 82,5 % dengan 7 orang mengalami peningkatan kemampuan belajar, 2 orang mengalami peningkatan yang rendah dan 1 orang tidak mengalami peningkatan sama sekali. Berdasarkan hasil yang didapat dari media pembelajaran ini layak digunakan untuk mendukung kegiatan belajar mengajar siswa kelas IV tunarungu SDLB Aisiyah Kawalu Tasikmalaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Vita Krisnita, universitas muhammadiyah tasikmalaya

PTI

Muhammad Taufiq, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Pendidikan Teknologi Informasi ,FKIP

Alfadl Habibie, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

PTI 

Downloads

Published

2022-01-03