PENYUSUNAN SOP CHANGE REQUEST PENGEMBANGAN SISTEM MENGACU PADA STANDARD ISO/IEC 27001 DAN ITIL
Abstract
Change request merupakan proses yang sering terjadi pada siklus hidup pengembangan sistem, yang dapat
terjadi pada saat pengembangan sistem maupun implementasi sistem. Adanya change request dapat membuat
spesifikasi sistem berbeda jauh dengan saat perancangan. Oleh karena itu, setiap change request perlu dikelola
dengan baik, didokumentasikan dan dikendalikan, untuk menjamin tertelusurinya setiap perubahan pada sistem.
Hal ini dapat dilaksanakan jika tersedia standard operating procedure (SOP) untuk Change Request.
Permasalahan dalam penyusunan SOP secara umum maupun SOP change request secara khusus adalah perlunya
mengacu pada standard atas suatu aktivitas. Namun biasanya standard tersebut tidak dapat diadopsi langsung,
dikarenakan kurang sesuai dengan lingkungan implementasi di organisasi.
Pada penelitian ini akan diusulkan satu SOP change request yang disusun untuk diterapkan di suatu
lingkungan organisasi. Change request yang dimaksud dibatasi pada permintaan perubahan terhadap sistem
ketika sistem masih dikembangkan. Standard yang diacu adalah proses Change management pada ITIL dan
ISO/IEC 27001, yang keduanya sudah menyediakan pedoman aktivitas dan peranan masing-masing pihak pada
proses change management. Acuan pada ITIL dan ISO/IEC 27001 ini kemudian disesuaikan dengan kondisi
organisasi, yang mempertimbangkan struktur organisasi, tugas pokok dan fungsi masing-masing pihak dalam
organisasi dan identifikasi aktivitas yang mungkin relevan dengan lingkungan organisasi. Hasilnya adalah
usulan SOP untuk change request yang sesuai dengan kondisi organisasi serta beberapa dokumen pendukung
pelaksanaan SOP.