ANIMASI POHON TERTIUP ANGIN MENGGUNAKAN METODE FRAKTAL

Authors

  • Janoe Hendarto UGM

DOI:

https://doi.org/10.35568/produktif.v8i1.4896

Keywords:

Fraktal, Sistem Fungsi Iterasi, ANimasi

Abstract

Fraktal adalah bidang geometri yang mengupas dan dapat menjelaskan hal-hal yang alamiah (natural), yang mana semakin hari semakin berkembang seiring perkembangan teknologi komputer. Dengan menggunakan fraktal dapat dibuat gambar pohon tiruan, yaitu dengan menggunakan sistem fungsi iterasi ( SFI) dimana pemetaan kontraksinya digunakan transformasi affine. Animasi objek alam dengan menggunakan metode fraktal bisa dilakukan dengan cara mengubah-ubah parameter dari SFI nya untuk mendapatkan serangkaian frame gambarnya.

Pertama, akan dibahas tentang cara membuat gambar pohon dengan fraktal. Kemudian dibuat rangkaian frame gambar pohon tertiup angin yang akan digunakan dalam animasinya. Dan akhirnya, dibuat program komputer yang mampu melakukan animasi dengan memperhatikan faktor kecepatan dan arah angin, kemudian diamati hasil animasinya dan dianalisis guna untuk menyempurnakan teknik animasinya. Untuk menggambar pohon tiruan fraktal ada beberapa faktor yang harus diperhatikan yaitu koordinat gambar, gambar awal, rumus transformasi termasuk nilai parameter alfa, pewarnaan dan jumlah iterasi. Sedangkan faktor arah angin pada proses animasi dapat dilakukan dengan mengatur nilai parameter alfa dan faktor kecepatan angin dapat diatur dari kecepatan animasinya. Program komputer yang dibuat telah berhasil melakukan animasi efek tiupan angin pada berbagai macam pohon tiruan dan terdapat fasilitas pengaturan parameter untuk menentukan arah dan kecepatan angin, walaupun masih belum sempurna yaitu gerakannya teratur dan masih kurang alami.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-06-28