PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN PADA MATERI MENGGUNAKAN MENU DAN IKON PADA MICROSOFT WORD BERBASIS WEBSITE CBT KELAS X DI SMA NEGERI 2 BANJAR
DOI:
https://doi.org/10.35568/produktif.v7i2.4584Keywords:
Instrumen Penilaian,, 4D, Website CBTAbstract
Penelitian dilakukan dengan tujuan untuk mengembangkan instrumen penilaian yang layak digunakan dengan mengukur tingkat kelayakan pada materi menggunakan menu dan ikon pada Microsoft word berbasis website CBT kelas X di SMA Negeri 2 Banjar. Metode yang digunakan adalah Research and Development dengan model pengembangan 4D. Hasil penilaian angket ahli materi dan ahli bahasa adalah sebagai berikut: Hasil validasi ahli materi yang diisi oleh dosen memperoleh skor sebesar 45, dan hasil validasi ahli materi yang diisi oleh guru memperoleh skor sebesar 47. Keduanya masuk kategori sangat baik. Hasil validasi ahli bahasa diperoleh skor sebesar 35, yang juga masuk kategori sangat baik. Hasil pengukuran tingkat kelayakan instrumen penilaian adalah sebagai berikut: Validitas: 30 butir soal memperoleh nilai 0,81, yang masuk kategori sangat kuat. Reliabilitas: 30 butir soal memperoleh nilai 0,89, yang masuk kategori tinggi. Tingkat kesukaran: 30 soal memperoleh presentase sebesar (100%) yang masuk kategori sedang. Daya pembeda: 1 (3,33%) butir soal masuk kategori jelek, 22 (73,33%) butir soal masuk kategori baik, dan 7 (23,33%) butir soal masuk kategori baik sekali. Pengecoh: 29 (97%) butir soal masuk kategori sangat baik, dan 1 (3%) butir soal masuk kategori tidak baik. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa instrumen penilaian yang dikembangkan layak untuk digunakan.
Kata Kunci : Instrumen Penilaian, Website CBT, 4D.