SENTIMEN ANALISIS MARKETPLACE DI INDONESIA MENGGUNAKAN ALGORITMA RANDOM FOREST

Authors

  • Irgi Mahendrata Saputra Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Nanda Dwi Husna Sadikin Universitas Ardhirajasa Reswara Sanjaya
  • Nandi Dwi Husni Sadikin Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Niki Marko Universitas Adhirajasa Reswara Sanjaya
  • Yudi Ramdhani Universitas Ardhirajasa Reswara Sanjaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/produktif.v7i1.3149

Keywords:

marketplace, random forest, Sentimen, Twitter

Abstract

Situs marketplace online merupakan tempat belanja yang saat ini sedang populer dikalangan masyarakat,banyak sekali berbagai marketplace yang bersaing, mulai dari shoope,tokopedia,bukalapak dan lain lain. selain memudahkan masyarakat untuk belanja namun ada banyak sekali masalah masalah yang timbul keluhan tentang aplikasi tersebut. Ada berbagai macam masalah pada market place di Indonesia,salah satunya yaitu kurang puasnya pelanggan terhadap market place,yang menyebabkan banyak nya komplain pelanggan terhadap market place tersebut,maka dari itu kami melakukan penelitian analis sentimen melalui data post twitter. Melalui teknologi machine learning, sentimen publik terhadap market place dapat diketahui dengan berbagai macam algoritma, salah satu algoritmanya yaitu algoritma random forest. Penelitian ini bertujuan untuk mengklasifikasi dan mengetahui tingkat akurasi sentimen publik terhadap berbagai macam market place menggunakan teknologi machine learning dengan algoritma random forest. Setelah dilakukan proses analisa dan klasifikasi menggunakan tools rapidminer, tingkat akurasi dari sentimen publik terhadap market place sebesar 68,56%

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-02-28