Pengujian pada Hasil Pengembangan E-learning Berbasis Moodle dengan Metode Scoring
DOI:
https://doi.org/10.35568/produktif.v6i1.1880Keywords:
Moodle, Kualitas E-learning, Functionality, UsabilityAbstract
Proses belajar mengajar di kelas maupun di luar kelas diakui sebagai permasalahan yang perlu diberikan solusi secepatnya. Oleh karena itu, instansi besar maupun kecil membutuhkan teknologi informasi untuk menunjang instansi agar lebih maju. Salah satunya dengan pemanfaatan moodle untuk proses pembelajaran. Dan dengan adanya e-learning perlu dilakukan pengujian terhadap aspek functionality dan usability untuk diuji tingkat kualitas e-learning dari sisi pengguna. Metode yang digunakan adalah Research and Development (R&D) yang hanya berfokus pada pengujian saja. Pengujian dilakukan dari sisi aspek functionality dan usability. Pengujian functionality dilakukan kepada dua ahli media dengan kuesioner sesuai fungsi yang ditetapkan pada user requirement list. Sedangkan pengujian usability dilakukan di SMK As-Syafi’iyah menggunakan USE Questionnaire dengan 35 responden. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas e-learning berdasarkan tingkat penerimaan pengguna di SMK As-Syafi’iyah. Hasil dari penelitian ini adalah : (1) penelitian menunjukkan bahwa hasil evaluasi dari segi media dinyatakan dalam kategori sangat layak dengan skor rata-rata 4,49. (2) Dan pada aspek usability dari sisi pengguna dinyatakan dalam kategori layak dengan skor rata-rata 4,02.