PENERAPAN MODEL PROJECT BASED LEARNING PADA SUB SISTEM PEMBELAJARAN SIMULASI DAN KOMUNIKASI DIGITAL TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS X RPL SMK MUHAMMADIYAH TASIKMALAYA

Authors

  • Revah Shofiatul Q.A Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Cecep Riki Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Alfadl Habibie Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/produktif.v5i2.1827

Keywords:

Project Based Learning, Hasil belajar, Komunikasi digital

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh pembelajaran disekolah yang menggunakan model Direct Instruction atau metode ceramah, yaitu pembelajaran yang berpusat pada guru. Pada model Project Based Learning peserta didik tidak hanya memahami konten, tetapi juga menumbuhkan keterampilan pada peserta didik bagaimanan berperan di masyarakat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran Project Based Learning pada sub sistem pembelajaran simulasi dan komunikasi digital untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas X SMK. Metode penelitian yang digunakan yaitu kuasi eksperimen. Sampel dalam penelitian ini yaitu kelas X RPL 1 dan X RPL 2 SMK Muhammadiyah Tasikmalaya. Instrumen yang digunakan adlah tes dan wawancara. Tes digunakan untuk mengukur hasil belajar kognitif peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara hasil belajar peserta didik kelas eksperimen yang memiliki rata-rata 92,95 dengan hasil belajar peserta didik kelas kontrol yang memiliki rata-rata 79,32.  Hal ini menandakan terdapat perbedaan dari penerapan model Project Based Learning terhadap hasil belajar tentang pengolah kata apda peserta didik kelas X SMK Muhammadiyah Tasikmalaya.

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Cecep Riki, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Pendidikan Teknologi Informasi

Alfadl Habibie, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Pendidikan Teknologi Informasi

Downloads

Published

2022-01-11