Analisis Penerimaan Mahasiswa Terhadap Sistem Informasi Akademik (SIAKAD) UMTAS Dengan Technology Acceptance Model (TAM)
DOI:
https://doi.org/10.35568/produktif.v5i2.1743Keywords:
SIAKAD, Technology Acceptance Model (TAM), Regresi linear bergandaAbstract
SIAKAD UMTAS merupakan sistem informasi akademik di Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya yang berfungsi untuk mengolah administrasi kemahasiswaan. Adapun tingkat diterima tidaknya SIAKAD bagi pengguna (dalam hal ini mahasiswa) merupakan penelitian yang dilakukan dengan menggunakan Technology Acceptance Model (TAM). TAM ini merupakan konstruk yang dapat digunakan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh penerimaan sistem informasi akademik. Penelitian ini menggunakan 3 konstruk TAM yang sudah dimodifikasi yaitu, Perceived Usefulness, Perceived Ease of Use, Acceptance of IT. 3 (tiga) konstruk tersebut digunakan sebagai aspek dalam instrumen pengumpulan data mengenai kuesioner. Instrumen kuesioner pada penelitian ini merupakan data primer. Data dari kuesioner akan diolah menggunakan statistik deskriptif terlebih dahulu, setelahnya untuk diketahui pengaruhnya akan digunakan analisis regresi linear berganda. Berdasarkan analisis data diperoleh hasil sebagai berikut: (1) Konstruk Perceived ease of use berpengaruh secara positif terhadap acceptance of IT (penerimaan) SIAKAD oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah dengan thitung 13,016 artinya SIAKAD UMTAS mudah digunakan . (2) Konstruk perceived usefulness berpengaruh secara positif terhadap acceptance of IT (penerimaan) SIAKAD oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dengan thitung 11,258 artinya SIAKAD UMTAS bermanfaat. (3) Konstruk perceived ease of use dan perceived usefulness secara simultan berpengaruh terhadap acceptance of IT (penerimaan) SIAKAD oleh mahasiswa Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya dengan thitung 0,699 atau 69,9% artinya SIAKAD UMTAS mudah digunakan dan bermanfaat.