Penerapan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Simulasi Digital

Authors

  • Ninu Marlina Ninu Mahasiswa
  • Alfadl Habibie Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Sulidar Fitri Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/produktif.v5i1.1005

Keywords:

Penerapan , Probelm Based Learning, Hasil belajar

Abstract

Model pembelajaran Problem Based Learning adalah model pembelajaran yang menuntut peserta didik untuk belajar mandiri secara individu maupun kelompok dalam memecahkan masalah yang disajikan oleh guru. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada atau tidaknya peningkatan hasil belajar peserta didik bila diterapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada mata pelajaran simulasi digital kelas X SMK Angkasa Tasikmalaya. Jenis penelitian yang digunakan adalah kuantitatif, sedangkan metodenya adalah pre- experimental desain one grup pretes-posttes design. Subjek penelitian adalah seluruh peserta didik kelas X SMK Angkasa Tasikmalaya dengan jumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data berupa observasi dan wawancara kepada guru mata pelajaran. Hasil penelitian menunjukan bahwa model Problem Based Learning berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik. Hal tersebut dapat dilihat dari adanya peningkatan nilai hasil pre test dan post test peserta didik. Rata-rata skor pre test yaitu sebesar 55.09 mengalami peningkatan pada nilai rata-rata post test menjadi 75.87. Berdasarkan hasil uji paired t-test, menunjukkan bahwa nilai thitung sebesar 6,713 ? ttabel yaitu 0.68 (6,713 > 0.68) dan nilai signifikansi 0,000 < 0.05. Artinya bahwa model Problem Based Learning berpengaruh signifikan terhadap hasil belajar peserta didik.

Kata Kunci : Penerapan, Problem Based Learning, Hasil Belajar

Downloads

Download data is not yet available.

Author Biographies

Alfadl Habibie, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Pendidikan Teknologi Informasi

Sulidar Fitri, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

Pendidikan Teknologi Informasi

Downloads

Published

2022-01-03