PERANCANGAN APLIKASI KUIS INTERAKTIF BERBASIS ANDROID SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN PADA MATA PELAJARAN TEKNOLOGI INFORMASI & KOMUNIKASI DI KELAS X SMA PLUS NURUL ILMI CIBALONG
DOI:
https://doi.org/10.35568/produktif.v5i1.1003Keywords:
Media Pembelajaran, , Teknologi Informasi dan Komunikasi, Aplikasi Kuis interaktif, ADDIEAbstract
Berdasarkan hasil pra penelitian, diketahui bahwa di SMA Plus Nurul Ilmi terdapat adanya keterbatasan media pembelajaran pada mata pelajaran Teknologi informasi & Komunikasi, keterbatasan Modul TIK, keterbatasn Laboratorium Komputer dan juga waktu belajar pada mata pelajaran Teknologi Informasi & Komunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk membuat suatu perancangan aplikasi kuis berbasis Android dengan menggunakan aplikasi Ispring suite v 9.7. Metode penelitian ini menggunakan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation dan Evaluation). Berdasarkan hasil penelitian, maka diperoleh hasil bahwa aplikasi kuis ini terdiri dari aspek kesesuaian materi, Design dan kemudahan dalam pengunaannya. Hasil Uji kelayakan media pembelajaran kuis interaktif dari penelitian ini yaitu “Layak digunakan” bagi peserta didik kelas X di SMA Plus Nurul Ilmi. Hal ini bisa dilihat dari hasil presentase Ahli media sebesar 79,41%, dari Tenaga pendidik 79,07% dan dari Peserta didik 66,60% berkriteria baik.
Kata Kunci : Media Pembelajaran, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Aplikasi Kuis interaktif, ADDIE.