RESPON MAHASISWA TERHADAP VIDEO INTERAKTIF SOLFFEGIO PADA MATA KULIAH PIANO DASAR LANJUT DI PRODI PENDIDIKAN SENI PERTUNJUKAN FKIP UNTAN
DOI:
https://doi.org/10.35568/magelaran.v6i2.3938Keywords:
Respon mahasiswa, video interaktif solfeggio, pianoAbstract
Video interaktif solfeggio merupakan hasil pengembangan media pembelajaran solfeggio dasar yang mana didalamnya berupa materi penjelasan membaca ritmik dasar. Adapun dalam penelitian ini, mahasiswa yang mengambil mata kuliah piano dasar lanjut diberikan materi membaca ritmik dengan video interaktif solfeggio dan menjadi tujuan penelitian adalah mengdeskripsikan respon mahasiswa terhadap video interaktif solffegio tersebut. Alasan diberinya materi video interaktif solfeggio kepada mahasiswa karena adanya kendala kemampuan sight reading mahasiswa dalam melaksanakan praktik piano dasar lanjut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah survei dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif. Sementara distribusi pengumpulan data digunakan teknik wawancara dan kuesioner yang dilakukan kepada 18 mahasiswa. Sementara analisis data menggunakan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Tringulasi sumber digunakan dalam penelitian ini agar data berifat sahih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 77% mahasiswa memberikan respon positif pada video interaktif solfeggio karena dapat membantu proses sight reading materi piano dasar lanjut secara efisien. Selain itu, terdapat 23% mahasiswa yang memiliki respon kurang tertarik karena penjelasan dalam video telah dikuasai dan dipahami.