Penerapan Active Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Terhadap Aspek Teater dalam Pembelajaran Seni Budaya Kelas X Madrasah Aliyah Negeri 1 Tasikmalaya

Authors

  • Budi Dharma Prodi Sendratasik Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Nisa Fitriyani Prodi Sendratasik, Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/magelaran.v5i2.3666

Keywords:

Active Learning, Hasil Belajar, Aspek Teater

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran seni budaya aspek teater di kelas X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1melalui metode pembelajaran active learning. Permasalahan dalam penelitian ini adalah (1) bagaimanakah proses penerapan active learning pada pembelajaran seni budaya aspek teater di kelas X SMA N 5? (2) bagaimanakah ketuntasan hasil belajar siswa kelas X MADRASAH ALIYAH NEGERI 1terhadap pembelajaran seni budaya pada aspek teater? Jenis penelitian menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action researh) dengan tiga tahap kegiatan berupa siklus, yaitu Pra Siklus, Siklus I, Siklus II. Berdasarkan hasil pemberian Tes Awal (Pra Siklus) diperoleh data hasil belajar siswa memiliki presentase ketuntasan klasikal 20% dengan nilai rata-rata 54.3. Pada siklus I hasil belajar siswa memiliki presentase 43% dengan nilai rata-rata 61.33. Pada siklus II hasil belajar siswa memiliki prentase ketuntasan klasikal 80% dengan nilai rata-rata 77. Hasil penelitian membuktikan bahwa penerapan metode pembelajaran active learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pelajaran seni budaya aspek teater

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-12-30