MARKETING MIX, IMPLEMENTATION OF MARKETING STRATEGIES IN HEALTH SERVICES: LITERATURE REVIEW

Authors

  • Fitri Nurlina Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya
  • Usman Sasari Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Tasikmalaya

DOI:

https://doi.org/10.35568/healthcare.v4i1.1871

Keywords:

Fasilitas Pelayanan Kesehatan, Marketing mix, Strategi Marketing

Abstract

Fasilitas pelayanan kesehatan adalah tempat yang digunakan masyarakat untuk mencegah, dan meningkatkan kesehatan. Setiap fasilitas pelayanan kesehatan ingin memberikan pelayanan yang baik dan bermutu sehingga dapat diterima oleh masyarakat. Maka dari itu diperlukan suatu strategi yang dapat digunakan untuk melihat pasar atau keinginan konsumen. Salah satu strategi yang dapat digunakan adalah Marketing Mix. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis terkait bagaimana pelaksanaan strategi pemasaran dengan menggunakan marketing mix di pelayanan kesehatan. Jenis penelitian menggunakan penelitian kepustakaan. Dengan populasi 354 artikel dengan teknik sampling menggunakan data based google schoolar, Proquest, Pubmed, DOAJ dan kata kunci Marketing mix, health services, marketing strategies. Sehingga didapatkan sampel 20 artikel yang sesuai dengan kriteria inklusi dan ekslusi. Hasil penelitian didapatkan bahwa menggunakan marketing mix dalam pelaksanaan strategi pemasaran dapat melihat keinginan konsumen secara langsung. Dan dari faktor-faktor marketing mx didapatkan berpengaruh terhadap tingkat kunjungan, keputusan memilih layanan, peningkatan loyalitas dan kepuasan pasien.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2022-01-14