PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM MENGEMBANGKAN KEMAMPUAN BAHASA LISAN ANAK DI RA ASSYAFI’IYAH MADA JAYA WAY KHILAU PESAWARAN
DOI:
https://doi.org/10.35568/earlychildhood.v4i1.806Keywords:
Kata kunci; Media Audio Visual, Kemampuan Bahasa lisan.Abstract
Perkembangan kemampuan bahasa lisan anak dapat dikembangkan dengan berbagai media. Salah satunya yaitu menggunakan media audio visual dengan cerita vidio yang di aplikasikan melalui laptop. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimanakah penggunaan media audio visual dalam mengembangkan kemampuan bahasa anak di RA Assyafi’iyah Mada Jaya Way Khilau Pesawaran. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif, dengan subjek penelitian adalah kelompok B di RA Assyafi’iyah yang terdiri dari 15 orang anak. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan media audio visual telah dilaksanakan kurang baik. Dengan kurangnya alat bantu LCD dan proyektor sehingga penyampaian video kurang maksimal dan guru kurang komunikatif terhadap anak. Pada hasil observasi penggunaan media audio visual menggunakan langkah-langkah sebagai berikut: Guru mempersiapkan RPPH sesuai dengan tema yang akan diajarkan, guru mengatur dan menyiapkan peralatan media yang digunakan, guru memperhatikan posisi duduk peserta didik dalam keadaan nyaman, guru mengajak anak untuk menyimak video dan menjelaskan tujuan pembelajaran, guru memastikan anak telah siap menyaksikan tayangan video, guru melakukan evaluasi. Maka semua indikator perkembangan kemampuan bahasa lisan dapat berkembang sesuai harapan, dari keenam langkah-langkah penggunaan media audio visual yang di terapkan oleh guru di RA Assyafi’iyah Mada Jaya Way Khilau Pesawaran dapat menjadi alternatif dalam mengembangkan kemampuan bahasa lisan anak usia dini.
Kata kunci; Media Audio Visual, Kemampuan Bahasa lisan.
Downloads
Downloads
Published
Versions
- 2020-07-14 (2)
- 2020-05-30 (1)
Issue
Section
License
Copyright Notice
Early Childhood Journal is an Open Access Journal. The authors who publish the manuscript in this journal agree to the following terms:
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.
Privacy Statement
The names and email addresses entered in this journal site will be used exclusively for the stated purposes of this journal and will not be made available for any other purpose or to any other party. Early Childhood allows the author(s) to hold the copyright and to retain publishing rights without restrictions.